DAFTAR
ISI
BAB I PENDAHULUAN
1.1 Latar belakang
1.2 Aspek Manajemen
BAB II ASPEK PRODUKSI
2.1 Jenis dan Jumlah Peralatan yang
dipakai
2.2 Kapasitas Produksi
2.3 Jumlah Produksi rata-rata perbulan
2.4 Sumber Bahan Baku
BAB III ASPEK
PEMASARAN
3.1 Analisis pasar
3.2 Strategi harga produk
3.3 Stategi Promosi
BAB IV ASPEK
FINANSIAL
4.1 Kebutuhan Dana
4.2 Biaya Operasional
4.3 Estimasi
Pendapatan
BAB
V PENUTUP
BAB
I
PENDAHULUAN
1.1 Latar belakang
Saat ini banyak orang yang ingin
membuat acara atau kegiatan secara simpel dan efisien. Contohnya dalam hal
penyiapan makanan dan hidangan. Biasanya mereka lebih memilih untuk membeli
makanan dari pada membuatnya sendiri dengan alasan pertimbangan waktu dan
tenaga walaupun memang sedikit mahal. Berbagai usaha makanan memang bermunculan
sesuai dengan perkembangan kebutuhan masyarakat. Apalagi usaha kuliner berupa
kue, baik kue kering maupun kue basah. Salah satu jenis kue yang banyak
diminati oleh konsumen secara luas adalah kue brownies, baik kukus maupun
panggang. Banyak hal yang menjadikan panganan ini sebagai salah satu primadona
makanan manis, misalnya sangat cocok untuk cemilan, pengganjal perut sebab
brownies mengandung banyak karbohidrat dari tepung jagung dan glukosa untuk
menambah energy dalam beraktivitas. Bahkan
untuk mengisi perut kosong sebelum makan siang pun juga bisa dengan
penganan satu ini. Selain dapat dikonsumsi oleh orang dewasa, makanan satu ini
juga banyak dikonsumsi oleh anak-anak dan remaja. Sehingga dari berbagai
lapisan masyarakat sebagian besar menyukai kue brownies kukus ini. Atas dasar pemikiran inilah kami mempunyai ide untuk
membuat usaha produksi makanan dari jenis kue brownies.
Dalam memulai
memulai usaha dalam bidang apapun, maka yang pertama kali harus diketahui adalah peluang pasar dan bagaimana
menggaet minat para konsumen. Bagaimana peluang pasar yang hendak kita masuki
dalam bisnis kita dan bagaimana cara memperoleh order tersebut. Yang kedua adalah kita harus mampu menganalisa
keunggulan dan kelemahan pesaing kita dan sejauh mana kemampuan kita untuk
bersaing dengan mereka baik dari sisi harga, pelayanan, dan kualitas. Yang ketiga adalah persiapkan mental dan
keberanian memulai usaha. Singkirkan hambatan psikologis, rasa malu, takut
gagal dan perang batain antara
berkeinginan dan keraguan. Jangan lupa harus siap menghadapi resiko,dimana reasiko
bisnis adalah untung atau rugi.
1.2 Aspek Manajemen
Untuk aspek
manajerial dalam mengatur operasional jalannya rintisan usaha ini maka untuk
produksi awal hanya menggunakan manajemen sederhana beranggotakan 3 orang.
1. Bagian keuangan yang dikelola bersama dengan
pengeluaran dan pemasukan dicatat oleh salah satu anggota.
2. Bagian produksi untuk melakukan proses
produksi yang dilaksanakan secara bersama-sama oleh seluruh anggota.
3. Bagian pemasaran, juga dilaksanakan oleh
seluruh anggota yang berjumlah 3 orang.
Pembagian tugas untuk
masing-masing anggota secara khusus disesuaikan dengan kebutuhan. Hal ini
dilakukan untuk efisiensi waktu dan biaya. Sebab rintisan usaha kuliner
brownies anti galau ini masih berada pada taraf permulaan. Sehingga efisiensi
operasional termasuk aspek produksi sangat diperlukan.
BAB
II
ASPEK
PRODUKSI
2.1 Jenis dan Jumlah Peralatan yang dipakai
No.
|
Peralataan
|
Quantitas
|
1.
|
Panci besar
|
3
|
2.
|
Stand mixer kue
|
1
|
3.
|
Loyang
|
10
|
4.
|
Timbangan
|
1
|
5.
|
Wadah adonan besar
|
5
|
2.2 Kapasitas Produksi
Dengan menggunakan
mesin yang telah dijabarkan di atas, produksi brownies anti galau Dapat menghasilkan 10 loyang brownies perhari
dengan volume produksi per loyang ialah 10 buah brownies ukuran sedang.
Sehingga dengan jumlah mesin produksi yang ada dipastikan dapat memproduksi kue
brownies dengan hasil yang maksimal
untuk dapat memenuhi kebutuhan pasar serta melayani order-order brownies
lainnya. Hal ini juga didukung oleh jumlah karyawan yang sesuai
-
Bahan baku produksi
No.
|
Bahan
baku
|
Quantitas
|
1.
|
Telur
|
4
|
2.
|
Sp & baking soda
|
1 sdt
|
3.
|
Gula
|
3 ons
|
4.
|
Vanili
|
2 buah
|
5.
|
Mentega
|
250 gr
|
6.
|
Coklat blok
|
1 ons
|
7.
|
Tepung terigu
|
2 ons
|
8.
|
Susu coklat
|
1 sch
|
9.
|
Coklat bubuk
|
½ ons
|
10.
|
Butter cream
|
1 ons
|
11.
|
Topping (misis/ keju)
|
secukupnya
|
2.3 Jumlah Produksi rata-rata perbulan
Dari kapasitas
produksi perhari yang telah diketahui sebelumnya, maka volume produksi dari brownies anti galau selama sebulan
ialah sebagai berikut:
v 10 loyang X 20 hari = 200 loyang / bulan
v 3 buah x 200 loyang = 600 buah/bulan
Jumlah
produksi rata-rata diatas merupakan gambaran secara umum atau keseluruhan.
Jumlah tersebut masih dapat berubah disesuaikan dengan pasang surutnya
penjualan serta order yang ada
2.4 Sumber Bahan Baku
Dalam pembuatan kue brownies anti galau ini tentu
membutuhkan berrbagai macam bahan baku yang diperoleh dari toko kue yang ada di
sekitar jember ini. Ataupun bisa juga
dengan mendatangi pasar-pasar murah yang ada di Jember yang menyediakan
berbagai kebutuhan akan bahan baku pembuatan kue brownies pada umumnya. Bahkan
dengan mendatangi pasar-pasar tradisional yang memungkinkan untuk dilakukannya
kerja sama bisnis, yakni pemesanan bahan baku dengan jumlah yang sesuai untuk
mendapat diskon/ potongan harga dari penjual yang bersangkutan. Berbagai macam
hal ini juga dapat dilakukan untuk dapat memenuhi kebutuhan bahan baku secara
konstan (tetap).
Akan tetapi dari
dalam aspek produksi masih terdapat kendala yang ditemui, diantaranya :
1. Bahan baku yang dibeli berjumlah sedikit dan
tidak konsisten, sehingga biaya produksi kurang diminimalisir dan mengakibatkan
kepada h`rga jual produk.
2. Kapasitas produksi yang terbatas dan masa
kadaluarsa produk.
2.5
Inovasi produk
Dalam perkembangan kedepan tentu banyak
kendala yang dihadapi. Diantaranya yang sudah tampak didepan mata ialah tidak
semua produk terjual setiap harinya. Sehingga perlu dilakukan diversifikasi
(perluasan produk), diantaranya :
1. Untuk mengantisipasi kadaluarsanya produk,
maka brownies dapat diinovasikan dan dijadikan / dijual dalam bentuk dingin /
frezz. Dan disebut dengan ice cream brownies.
BAB
III
ASPEK
PEMASARAN
3.1 Analisis Pasar
Target pasar
merupakan kunci penting untuk diperhatikan. Adapun beberapa contoh dari pasar
yang telah dapat dijangkau peluang pasarnya ialah seperti sekolah-sekolah,
koperasi usaha di wilayah tertentu, bahkan bias dengan memasuki pasar besar
seperti pasar tanjung yang ada di jember. Yakni dengan membuka toko stand atau
toko khusus yang menyediakan produk
untuk pembuatan brownies anti galau
dengan menyediakan layanan pesan antar (delivery), atau meskipun tidak mendirikan
stand sendiri,minimal bisa memasukkan produk kita kedalam stand kue lain yang
strategis, demi kelancaran pemasaran produk ini. Sehingga analisis pasar maupun
target pasar dapat dicapai dengan hasil maksimal.
3.2 Segmentasi Pasar
Dalam memasarkan
produk brownies ini, perlu dilakukan segmentasi terhadap calon konsumen yang
ada sehingga pasar yang dituju jelas dan terarah.
No.
|
Segmentasi
Pasar
|
Sasaran
|
1.
|
Lokasi target pemasaran
|
1. Sekolah-sekolah
2. Toko oleh-oleh jember
3. Koperasi kantor pemerintah
4. Stand kue dan tempat tongkrongan
|
2.
|
Target konsumen
|
1. Siswa sekolah dan mahasiswa
2. Masyarakat umum bawah, menengah, dan ½
atas.
3. Konsumen dengan kepentingan / hajat
4. Konsumen usia anak-anak, remaja dan dewasa
|
3.3 Strategi Harga Produk
Untuk menetapkan
harga kita perlu melakukan riset dan membandingkannya dengan strategi harga
yang kita laksanakan. Tidak jarang harga kita terlalu mahal karena system
produksi yang salah dan tidak efektif. Maka perlu misalnya mencari supplier
yang mampu mensuplai bahan baku dengan harga yang benar-benar murah. Selain itu
bisa dengan memberikan harga promosi awal yang lebih murah untuk dapat menarik
konsumen untuk membeli produk kita, atau bias juga dengan memberikan potongan
harga bagi konseumen yang mengorder brownies dengan jumlah besar. Sehingga bias
menciptakan image harga yang murah dan dapat dijangkau oleh konsumen berbagai
kalangan.
3.4 Strategi Promosi
Ada
beberapa strategi yang dapat adilakukan demi menunjang keberhasilan produk
brownies anti galau dalam memasuki bangsa pasar serta lebih dikenal dan
dipercaya oleh masyarakat luas maka strategi yang kami lakukan antara lain:
ü Melakukan promosi dari mulut kemulut, diawali
dengan promosi diwilayah tempat usaha kita.
ü Memasang iklan dikoran kota, taidak perlu
terlalu luas jangkauannya, cukup dengan menggiring konssumen jember
untuk tertarik dan membeli produk kita. Memasang iklan di media
elektronik seperti: facebook, twitter, dll.
ü Dan yang paling terpenting yaitu memberikan suatu
kemasan yang unik dan berkesan mewah sehingga membuat konsumen semakin tertarik
untuk membeli.
ü Menjual nilai keunikan produk dengan
menonjolkan ke-khasan yang ada pada brownies ini, baik dari segi rasa, bentuk,
kemasan dan harga yang disesuaikan dengan segmentasi konsumen.
ü Memanjakan konsumen dengan berbagai cara,
salah satunya dengan memberikan layanan jenis kue yang bisa di custom sesuai
dengan keinginan konsumen
BAB
IV
ASPEK
FINANSIAL
4.1 Kebutuhan Dana
Rincian dana yang
perlu diperhatikan dalam mengelola bisnis makanan brownies anti galau ini ialah sebagai berikut:
Ø Inventaris
No.
|
Perlatan
|
Quantitas
|
Harga
|
Jumlah
|
1.
|
Panci besar
|
2
|
35.000
|
70.000
|
2.
|
Stand mixer
|
1
|
150.000
|
150.000
|
3.
|
Loyang
|
10
|
4.500
|
45.000
|
4.
|
Timbangan
|
1
|
30.000
|
30.000
|
5.
|
Wadah adonan
|
5
|
3.000
|
15.000
|
|
Total
|
|
|
Rp.
310.000
|
Ø Bahan
baku untuk satu kali resep (1 loyang/5 potong )
No.
|
Bahan
baku
|
Quantitas
|
Harga
|
Jumlah
|
1.
|
Telur
|
4
|
1.000
|
4.000
|
2.
|
Sp & baking soda
|
1 sdt
|
-
|
1000
|
3.
|
Gula
|
3 ons
|
1000
|
3000
|
4.
|
Vanili
|
2 buah
|
500
|
1000
|
5.
|
Mentega
|
250 gr
|
-
|
3.500
|
6.
|
Coklat blok
|
1 ons
|
-
|
7.000
|
7.
|
Tepung terigu
|
2 ons
|
-
|
1500
|
8.
|
Susu coklat
|
1 sch
|
1000
|
1000
|
9.
|
Coklat bubuk
|
½ ons
|
-
|
1500
|
10.
|
Butter cream
|
1 ons
|
-
|
2000
|
11.
|
Topping (misis/ keju)
|
secukupnya
|
-
|
1000
|
|
Total
|
|
|
Rp.
26.500
|
Biaya
Pemasaran dan Promosi
- Biaya iklan : - pembuatan brosur Rp. 50.000
- Biaya ongkos angkut Rp. 50.000
Rp. 100.000
4.2 Biaya Operasional
Adapun biaya-biaya yang harus
dikeluarkan dalam rangka operasional perusahaan ialah sebagai berikut:
§
Biaya
bahan baku untuk 10 loyang brownies Rp 260.500
§
Biaya
iklan dan pemasaran Rp 100.000
Rp 260.500
4.3 Estimasi Pendapatan
Berdasarkan pada biaya operasional yang
telah tercantum di atas, maka dapat ditentukan harga dasar yang memungkinkan
untuk satu potong kue brownies anti
galau ialah sebesar:
Rp 260.500: 50 potong = Rp 5.300 /
potong
Maka dari harga dasar tersebut dapat
ditentukan harga jual yang sesuai, yakni
Rp
7.500
Sehingga pendapatan yang diperoleh
ialah:
Pendapatan perhari
|
Rp 7.500 x 50 potong
|
Rp 375.000
|
Pendapatan per minggu
|
Rp 375.000 x 7 hari
|
Rp 2.625.000
|
BAB
V
PENUTUP
Demikian proposal
usaha ini kami buat dengan memmpertimbangkan seluruh aspek usaha maupun peluang
usaha yang mungkin dapat kami masuki dalam dunia bisnis kedepannya. Dengan adanya
proposal usaha Brownies anti galau
ini diharapkan dapata memenuhi kebutuhan pasar atau konsumen khususnya
masyarakat jember.
Apapun usaha yang
akan dijalankan harus memperhatikan segala macam pandangan ataupun peluang yang ada. Karena itulah kunci
akan berhasilnya suatu usaha yang akan dijalankan. Dan merupakan tantangan bagi
wirausahawan muda yang selallu dituntut untuk dapat beradaptasi dengan
persaingan bisnis yang amat ketat. Sehingga dari hal tersebut dapat diketahui
bahwa peluang bisnis akan tercipta bila kita mampu mendciptakannya. Karena saat
ini tentu sangat sulit bagi calon pengusaha muda untuk dapat medmasuki dunia
bisnis tanpa benar-benar jeli dan paham mengenai bisnis apa yang akan ia
geluti.
Maka dengan adanya
proposal ini dapat memberikan sedikit paandangan bahwa peluang binis Brownies
ini sangat menjanjiakan, namun semua itu juga harus disertai dengan kemamppuan
membaca peluang yang baik dan pedngolahan (manajemen) yang baik. Dan yakinkan
bahwa bisnis apapun yang anda laksanakan dapat bersaing dan berkembang sesuai
harapan.
makasih infonya mbak,, sangat membantu tugas kuliah saya..:)
BalasHapustrims bgt tulisanya, sangat membantu .... :D
BalasHapusmakasih ya mbak... bantu tugas saya...
BalasHapushttps://projects.co.id/public/tips/view/871611/dapatkan-penghasilan-tambahan-seumur-hidup-secara-online-dengan-mudah-dari-projectscoid?a=c7d211
BalasHapusTerimakasih mbak , membantu buat proposal :D
BalasHapus